0%
logo header
Rabu, 07 Desember 2022 22:20

Mengenal Sosok Rifqi Karsayuda, Alumnus Pesantren Assalaam Solo yang Jabat Presidium KAHMI Nasional Termuda

Mengenal Sosok Rifqi Karsayuda, Alumnus Pesantren Assalaam Solo yang Jabat Presidium KAHMI Nasional Termuda

REPUBLIKNEWS.CO.ID, BANJARMASIN – Alumnus Pesantren Assalaam Solo, Muhammad Rifqinizamy Karsayuda, resmi menjabat Presidium Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) termuda.

Rifqi merupakan satu dari sembilan presidium yang terpilih dalam Munas XI KAHMI di Palu, Sulawesi Tengah pada 24-27 November 2022 lalu. Mereka terpilih dari 38 nama calon presidium yang ditetapkan pimpinan sidang dan disepakati peserta munas.

Pemilihan diikuti 511 peserta penuh dari majelis wilayah, majelis daerah dan majelis perwakilan luar negeri. Dan pemilihan dilaksanakan dengan menggunakan sistem elektronik.

Berikut 9 anggota Presidium MN KAHMI terpilih periode 2022-2027, yakni Ahmad Doli Kurnia (Golkar) dengan skor 417 suara, Ahmad Yohan (PAN) 343 suara, Herman Khaeron (Demokrat) 318 suara, Saan Mustopa (Nasdem) 316 suara, M. Rifqinizamy Karsayuda (PDIP) 311 suara, Abdullah Puteh (Anggota DPD dari Aceh) 295 suara, Romo H.R. Muhammad Syafii (Gerindra) 290 suara, Zulfikar Arse Sadikin (Golkar) 284 suara dan Sutomo 278 suara.

Rifqi Karsayuda dan Assalam seakan tak bisa dipisahkan. Bahkan, ia mendapatkan penghargaan Assalaam Award pada puncak peringatan 40 tahun Pondok Pesantren Modern Islam (PPMI) Assalaam Surakarta.

“Jujur, saya meneteskan air mata. Teringat betapa besar pengorbanan abah (Almarhum) dan mama menyekolahkan anaknya ke Tanah Jawa kala itu, di sini saya dulu saya duduk belajar,” kata Rifqi Nizamy lewat siaran pers, pada Rabu (7/12/2022).

Tentu, menurutnya sampai hari ini Assalaam telah berkontribusi besar pada pembangunan bangsa bahkan dunia. Selain dirinya, Assalaam Award juga diberikan kepada alumnus lain di antaranya seperti Dubes RI untuk Turki Dr. Lalu M Iqbal, Guru Besar FEB UGM Prof Mahfud Solihin, Bupati Boyolali Said Hidayat, Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo, dan lain-lain. (*)

Penulis : Rahim Arza
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646