0%
logo header
Jumat, 10 Mei 2024 22:33

Perdana, KPU Papua Selatan Launcing Tahapan Pilgub 2024

M. Imran Syam
Editor : M. Imran Syam
Penekanan tombol Launcing Tahapan Pilgub Papua Selatan 2024. (Foto: Hendrik Resi / Republiknews.co.id)
Penekanan tombol Launcing Tahapan Pilgub Papua Selatan 2024. (Foto: Hendrik Resi / Republiknews.co.id)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MERAUKE – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua Selatan melakukan peluncuran atau launcing perdana Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Papua Selatan bertempat di Lapangan Monumen Kapsul Waktu Merauke, Jumat (10/05/2024) sore.

Hajatan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur adalah agenda Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak bakal berlangsung di seluruh Indonesia 27 November 2024 di 37 provinsi dan 508 kabupaten/kota termasuk di Provinsi Papua Selatan.

Ketua KPU Papua Selatan, Theresia Mahuze mengatakan agenda Pemilukada/Pilkada yakni Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Papua Selatan merupakan hajatan pesta demokrasi untuk perdana sejak Papua Selatan ditetapkan menjadi sebuah provinsi pemekaran dari Provinsi Induk Papua.

Baca Juga : Lepas Jemaah Calon Haji Merauke, Bupati Romanus: Jaga Kesehatan di Tanah Suci

“Sebagai provinsi baru ini pertama kalinya atau perdana kami menyelenggarakan baik Pemilu serentak maupun Pemilukada untuk gubernur dan wakil gubernur serta bupati dan wakil bupati di Provinsi Papua Selatan,” ujar Theresia Mahuze dalam sambutannya.

“Pelaksanaan Pemilu maupun Pilkada sebagai provinsi baru khusus untuk Pemilu baik Pilpres maupun Pileg telah kita laksanakan 14 Februari 2024 lalu. Puji Tuhan Pemilu serentak telah berjalan aman dan lancar. Setelah Pemilu serentak, kami akan bersiap untuk Pilgub 27 November 2024,” sambungnya.

Persiapan KPU menjelang Pemilukada, kata Theresia, tinggal 6 bulan atau 202 hari terhitung sejak peluncuran tahapan Pilgub Papua Selatan hari ini. KPU Papua Selatan akan berupaya semaksimal mungkin untuk melaksanakan tahapan-tahapan atau kerja-kerja Pilkada.

Baca Juga : Lantik 66 Pandis, Ketua Bawaslu Merauke: Pengawas Pemilu Harus Bekerja Jujur

“Tentunya kerja-kerja Pilkada ini tidak semata-mata kerja KPU saja. Dalam proses ini banyak pihak yang terlibat. Dan ini merupakan tanggung jawab kita bersama. Oleh karena itu, dalam kesempatan ini kami selaku penyelenggara tetap meminta dukungan dari Pemerintah Provinsi Papua Selatan dan seluruh elemen masyarakat,” imbuhnya.

“Mari kita semua sama-sama mengawali, menyukseskan dan menyelenggarakan Pilkada di Papua Selatan. Dengan dukungan semua pihak, kami optimis bahwa pelaksanaan Pilkada akan sukses,” ajaknya.

Ia juga mengajak seluruh penyelenggara baik KPU kabupaten maupun KPU provinsi di Papua Selatan untuk tetap semangat dalam melaksanakan setiap tahapan Pilkada dengan berpegang pada aturan perundang-undangan dan kode etik penyelenggara.

Baca Juga : Ratusan Alsintan Bantuan Kementan Tiba di Merauke, Dihantar KRI Soeharso 990

“Dalam proses ini, marilah kita tetap bekerja sesuai prinsip dan asas yakni tanggung jawab, akuntabel, transparan, terbuka dan integritas. Jika hal-hal ini dapat kita kerjakan bersama-sama, maka kita optimis Pilkada akan berjalan dengan baik, aman, sukses, lancar dan selamat,” pungkasnya.

Sementara itu, Komisioner KPU RI, Idham Holik yang hadir pada kesempatan ini, mengatakan, pelaksanaan Pilgub Papua Selatan tidak hanya menjadi perintah dari Undang-Undang Pilkada, tetapi Undang-Undang nomor 14 tahun 2022 pasal 9 ayat (1).

“Saya secara pribadi pada sore hari ini, merasa bangga karena menjadi bagian penting dalam catatan sejarah perjalanan Papua Selatan. Dengan demikian Pilkada Papua Selatan ini menjadi sangat istimewa,” ungkap Idham Holik dalam sambutannya.

Baca Juga : Ceramah di Depan Ribuan Umat Muslim Merauke, Gus Miftah Puji Sikap Toleransi Masyarakat Papua Selatan

“Ini adalah Pilgub pertama di wilayah Papua Selatan. Ini juga menjadi catatan penting perjalanan pembangunan kedepan. Bicara soal Pilkada adalah bicara kepentingan masa depan Papua Selatan,” sebutnya.

Pilkada, lanjutnya, tidak sekedar ajang kontestasi dan aktualisasi kedaulatan rakyat lewat kebebasan dalam hal memberikan suara, tetapi Pilkada Gubernur pertama di Papua Selatan memberikan kontribusi penting untuk jalannya peta pembangunan Papua Selatan dalam rangka memperkokoh persatuan dan kesatuan Indonesia.

“Pilkada adalah momen yang strategis untuk memperkuat pembangunan lokal dalam rangka memajukan indonesia. Oleh karena kami berpesan kepada rekan-rekan KPU Provinsi dan Kabupaten di Papua Selatan untuk lebih mengintensifkan sosialisasi, pendidikan pemilih dan partisipasi masyarakat. Ini merupakan kunci sukses penyelenggaraan Pilkada,” pesannya.

Baca Juga : Ceramah di Depan Ribuan Umat Muslim Merauke, Gus Miftah Puji Sikap Toleransi Masyarakat Papua Selatan

Peluncuran Tahapan Pilgub Papua Selatan ini dihadiri oleh Pimpinan KPU RI, Idham Kholik, Asisten I Sekda Papua Selatan, Agus Joko Guritno, pimpinan MRPS, Ketua Bawaslu Papua Selatan, Pimpinan KPU dari empat kabupaten di Papua Selatan, Forkopimda, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh perempuan, tokoh pemuda serta seluruh tamu undangan. (*)

Penulis : Hendrik Resi
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 813-455-28646