0%
logo header
Senin, 10 Januari 2022 00:05

Peserta Gowa Run 10K Kagum Destinasi Wisata Sejarah Lokal yang Dilewati

Arnas Amdas
Editor : Arnas Amdas
1.200 pelari ikut pada event Gowa Run 10K yang digelar Gowa Runners, Minggu (09/01/2022). (Istimewa)
1.200 pelari ikut pada event Gowa Run 10K yang digelar Gowa Runners, Minggu (09/01/2022). (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, GOWA — Peserta Gowa Run 10K yang juga didominasi peserta dari luar wilayah Kabupaten Gowa bahkan Provinsi Sulawesi Selatan mengaku kagum dengan sejumlah destinasi wisata sejarah dan budaya yang disuguhkan.

Pasalnya beberapa titik atau rute yang dilalui pelari mengambil titik di beberapa destinasi wisata sejarah yang ada di Kota Sungguminasa. Antara lain, Makam Sultan Hasanuddin, Masjid Tua Katangka, Makam Syekh Yusuf, Balla Lompoa dan Masjid Agung Syekh Yusuf.

Salah satu pelari asal Kabupaten Wajo, Ayuwidhi mengaku senang bisa ikut event yang digelar Gowa Runners tersebut. Apalagi Gowa Run 10K ini akan melewati beberapa destinasi bersejarah yang ada di Kabupaten Gowa, sehingga dapat menambah pengetahuan.

Baca Juga : Pemkab Gowa Gagas Program Peningkatan Skill untuk Warga Lapas Narkotika Sungguminasa

“Berlari di Gowa keren sekali. Rutenya melewati tempat bersejarah di Kabupaten Gowa. Jadi selama kita berlari kita bukan hanya dapat sehatnya saja, tapi dapat pengetahuan baru juga,” katanya, Minggu (09/01/2021).

Peserta dari komunitas BGS Running Club itu berharap, event Gowa Run bisa rutin digelar tiap tahunnya dengan rute yang berbeda.

“Kami dari komunitas BGS Running Club rutin ikut kegiatan seperti dan kita berharap kegiatan seperti ini bisa terus dilakukan dengan rute yang lebih keren lagi,” harapnya.

Baca Juga : Pemkab Gowa Bersama Kemendikbud Siap Galakkan Program Sekolah Penggerak

Sementara, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan saat melepas peserta mengatakan, kegiatan Gowa Run 10K ini dilaksanakan Komunitas Gowa Runners bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Gowa. Hal ini untuk mendukung aktivitas komunitas lari yang ada di wilayahnya, apalagi maksud dan tujuannya untuk mempromosikan potensi yang dimiliki daerah.

Ia pun menyampaikan selamat datang kepada seluruh peserta di Kabupaten Gowa, dengan harapan apa yang disajikan daerahnya bisa membawa kesan dan pengalaman terbaik bagi para peserta.

“Kita berharap semoga event-event ini akan terus kita laksanakan dan akan terus berlanjut di tahun-tahun yang akan datang. Dan semoga lebih sukses dari yang sebelumnya,” ucap Adnan.

Baca Juga : 2022, Peran PMI Sulsel Didorong untuk Tingkatkan Target Stok Darah

Ketua Panitia Pelaksana, Andi Imran mengatakan, kegiatan ini merupakan yang kedua kalinya dilaksanakan oleh Gowa Runners bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Gowa dan diikuti pelari dari berbagai daerah di Indonesia.

“Kegiatan ini diikuti 1200 peserta dan 150 peserta dari SKPD dan jajaran Pemerintah Kabupaten Gowa. Peserta bukan hanya dari Sulawesi Selatan, ada dari Kendari, Kolaka, Balikpapan, Bandung, Surabaya dan beberapa daerah lainnya,” ungkapnya.

Lanjutnya, kegiatan ini bukan hanya sekedar event lari semata, akan tetapi kegiatan ini juga untuk memperkenalkan icon-icon Kabupaten Gowa. Dirinya menyebutkan rute yang disiapkan melewati icon-icon yang ada di Kabupaten Gowa.

Baca Juga : Unismuh Makassar akan Bangun Gedung Fakultas Kedokteran dan Rumah Sakit di Gowa

“Jadi kita siapkan rute yang menuju ke icon-icon Gowa, seperti Makam Sultan Hasanuddin, Masjid Tua Katangka, Makam Syekh Yusuf, Balla Lompoa dan Masjid Agung Syekh Yusuf,” jelasnya.

Andi Imran berharap kegiatan ini bisa kembali digelar di tahun mendatang dan semakin meningkat. Apalagi Gowa Run ini mulai digemari dan peserta dari berbagai daerah di Indonesia.

“Kami berharap ini menjadi event tahunan yang diikuti Pemerintah Daerah Kabupaten Gowa. Karena event yang sudah kami lakukan ini kita atas namakan Pemerintah Daerah juga,” harapnya.

Penulis : Chaerani
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 852-9999-3998