0%
logo header
Rabu, 12 Januari 2022 10:51

Polda Banten Gelar Pelatihan Safety Riding Untuk Membantu Lalu Lintas Ambulance

Arnas Amdas
Editor : Arnas Amdas
Pelatihan Safety Riding kepada 22 Personel Ditlantas dan Satlantas Jajaran Polda Banten, Selasa (11/01/2022).
Pelatihan Safety Riding kepada 22 Personel Ditlantas dan Satlantas Jajaran Polda Banten, Selasa (11/01/2022).

REPUBLIKNEWS.CO.ID, SERANG – Polda Banten, kembali menggelar Pelatihan Safety Riding kepada 22 Personel Ditlantas dan Satlantas Jajaran Polda Banten, yang mengawaki kendaraan Patroli dan Pengawalan (Patwal) Roda dua.

Kegiatan ini digelar dalam rangka Program “Lancar Ambulance Koe, Selamat Pasien Koe” bertempat di Halaman Polda Banten Jalan Syekh Nawawi Al-Bantani No. 76 Kota Serang, pada Selasa (11/01/2022).

Pelatihan Safety Riding ini dipimpin langsung  Dirlantas Polda Banten Kombes Pol Budi Mulyanto, didampingi oleh Kabagbinops Ditlantas AKBP Sujoko dan Kasubdit Gakkum Ditlantas Kompol Kamarul Wahyudi, dengan Jumlah Instruktur sembilan orang, dipimpin oleh Kepala Satuan Patroli Jalan Raya (Kasat PJR) Kompol Kemas Indra Natanegara.

Sebelum kegiatan dimulai, Dirlantas Polda Banten Budi Mulyanto memberikan arahan kepada seluruh peserta Pelatihan Safety Riding, bahwa kita Polri terutama Polisi Lalu Lintas (Polantas), jika melihat dan bertemu dengan ambulance yang menyalakan lampu Rotator dan Sirine membawa Pasien Gawat Darurat maka kita harus Sigap dan tanggap ambil alih untuk dikawal hingga tujuan.

“Jika para peserta pelatihan safety riding jika suatu saat nanti melihat atau bertemu Ambulance berjalan membunyikan sirine dan menyalakan rotator membawa pasien gawat darurat, maka kalian harus Sigap dan Tanggap ambil alih untuk di kawal hingga tujuan,” kata Budi Mulyanto.

Budi Mulyanto mengatakan Sebelum melaksanakan pengawalan hal yang diketahui lebih dahulu adalah tujuan rute yang akan dilewati.

“Sebelum mengawal cari jalur yang lancar dan kondisi jalan yang bagus, buat pasien di mobil Ambulance tersebut merasa aman dan nyaman, dan petugas Patwal juga harus punya rute cadangan atau rute alternatif, jika rute yang dilewati mengalami kendala,” jelas Budi Mulyanto.

Ia berharap kedepan masyarakat akan lebih mengetahui dan paham jika ada Ambulance harus diprioritaskan dalam menggunakan jalan raya.

“Ambulance merupakan kendaraan yang menjadi prioritas di jalan saat membawa Pasien Gawat darurat, dan nantinya kita Polri hanya memberikan akses kelancaran arus lalu lintas,” ujar Budi Mulyanto.

Kegiatan dilanjutkan dengan arahan dari Kabagbinops Ditlantas Polda banten AKBP Sujoko. Dalam arahannya ia menyampaikan agar para seluruh peserta pelatihan safety riding mengikuti kegiatan dengan sungguh-sungguh, karena pelatihan ini akan diterapkan langsung dilapangan saat bertugas di jalan Raya.

“Para peserta Pelatihan Safety Riding mendapat materi Pelatihan berupa teori Dasar Pengawalan yang disampaikan oleh Kasat PJR Ditlantas Polda Banten Kompol Kemas dan tehnik mengemudi Safety Riding dan praktek lapangan oleh Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Banten Kompol Kamarul serta teknik pengawalan oleh tim instruktur seluruhnya. kegiatan pelatihan berjalan aman dan lancar,” tuturnya.

Penulis : Wahyu Widodo
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 852-9999-3998