0%
logo header
Senin, 18 Desember 2023 20:58

Tim Akuntabilitas Kemenkumham Sulsel Paparkan Hasil Monev, Liberti Sitinjak Dorong Penerapan SPIP Maksimal

Chaerani
Editor : Chaerani
Kakanwil Kemenkumham Sulsel Liberti Sitinjak saat memberikan arahan pada Pemaparan Hasil Monev Tim Akuntabilitas Kanwil Kemenkumham Sulsel, di Claro Hotel Makassar, Senin, (18/12/2023). (Dok. Humas Kanwil Kemenkumham Sulsel)
Kakanwil Kemenkumham Sulsel Liberti Sitinjak saat memberikan arahan pada Pemaparan Hasil Monev Tim Akuntabilitas Kanwil Kemenkumham Sulsel, di Claro Hotel Makassar, Senin, (18/12/2023). (Dok. Humas Kanwil Kemenkumham Sulsel)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR — Tim Akuntabilitas Kanwil Kemenkumham Sulsel yang dibentuk beberapa waktu lalu memaparkan hasil monitoring dan evaluasi (monev) yang telah dilakukan di masing-masing Unit Pelaksana Teknis (UPT).

Tim yang dibentuk dalam rangka tindak lanjut atas rekomendasi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) ini bertugas untuk melakukan pendampingan, percepatan kinerja, dan peningkatan kualitas pengelolaan keuangan.

Pemaparan hasil monev tersebut dilakukan oleh sembilan pokja akuntabilitas yang diwakili oleh ketua masing-masing. Dimana agenda yang paparkan meliputi hasil temuan selama melakukan pendampingan, monitoring, evaluasi dan pengawasan di UPT yang telah ditetapkan.

Baca Juga : Demi Gaya Hidup Sehat, Herbathos Kenalkan Produk Herbal di Acara F8 Makassar

Mulai dari tugas dan kewajiban pengelola keuangan pada satuan kerja, data dukung pertanggungjawaban pengelolaan keuangan pada satuan kerja, evaluasi dan pengawasan IKPA, dan mendorong satuan kerja untuk melakukan percepatan pengelolaan keuangan agar dapat memenuhi target yang telah ditetapkan.

Ketua Tim Akuntabilitas yang juga Kakanwil Kemenkumham Sulsel Liberti Sitinjak mengatakan, sejak keberadaan pimpinan tinggi pratama di Kanwil Kemenkumham Sulsel mereka tidak pernah mengajarkan hal yang tidak baik.

Bahkan seluruh pimpinan tinggi pratama telah berjuang dengan keras untuk menghadirkan prestasi dan pencapaian positif lainnya.

Baca Juga : Pemkab Gowa Susun SOP Layanan Pencegahan Perkawinan Anak

“Kami ingin Kanwil Kemenkumham Sulsel juga diperhitungkan di tingkat nasional,” tegasnya, dalam pertemuan, di Claro Hotel Makassar, Senin, (18/12/2023).

Ia menyampaikan, dari temuan yang disampaikan oleh tim akuntabilitas, para Kepala Unit Pelaksana Teknis harus benar-benar menjalankan fungsi dari Sistem Pengendalian Instansi Pemerintah (SPIP).

“Harus ada kesadaran sebagai aparatur negara dalam mengelola keuangan negara,” tegasnya lagi.

Baca Juga : Bawaslu Sulsel Temukan Puluhan Dugaan Pelanggaran Netralitas ASN, Pinrang Terbanyak

Sementara, Kepala Divisi Administrasi Indah Rahayuningsih berpesan agar seluruh Kepala UPT lingkup Kanwil Kemenkumham Sulsel mampu melakukan pengelolaan keuangan negara dengan baik dan akuntabel.

“Bagi tim akuntabilitas agar melakukan pekerjaannya dengan professional, jangan menilai berdasarkan suka dan tidak suka,” katanya.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646