0%
logo header
Jumat, 28 Juni 2024 16:56

Tingkatkan Kualitas Layanan, Puskesmas Seko Luwu Utara Manfaatkan PLTS

Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani saat meninjau pelayanan di PKM Kecamatan Seko.
Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani saat meninjau pelayanan di PKM Kecamatan Seko.

REPUBLIKNEWS.CO.ID, SEKO — Puskesmas Seko terus berupaya untuk meningkatkan kualitas layanan meski berada di daerah terpencil.

Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani menuturkan, saat ini Puskesmas Seko memanfaatkan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) untuk memenuhi kebutuhan listrik di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) tersebut.

“Yang lalu kita siasati dengan menggunakan genset tapi biayanya sangat tinggi dan kapasitasnya tidak cukup untuk memastikan semua peralatan elektronik yang ada di puskemas berfungsi karena rata-rata dayanya tinggi,” ucap Indah.

Baca Juga : Pilkada 2024, Golkar Lutra : Tidak Ada Pilihan Lain Selain Kader

“Oleh karena itu Pemda melaui Dinas Kesehatan mengadakan panel surya, atau listrik yang mengandalkan tenaga matahari. Dan ini bagian dari upaya kita dalam mendorong energi yang ramah lingkungan,” sambung bupati perempuan pertama di Sulsel ini saat kunjungan kerja di Kecamatan Seko, Rabu hingga Kamis (26-27) Juni 2024.

Indah  mengatakan, Ia menerima laporan bahwa sejak PLTS difungsikan, PKM Seko terang terus. Peralatan kesehatan (alkes) yang membutuhkan  listrik semua berfungsi baik. Sebab jika listrik tidak stabil maka alkes bisa cepat rusak dan waktu pakainya jadi lebih singkat.

“Pelayanan juga sangat terbantu karena biasanya kalau puncak beban, turbin seperti lampu disko. Namun sejak pakai PLTS, alhamdulillah stabil dan tenaga kesehatan kita juga lebih tenang dan nyaman, terlebih lagi masyarakat penerima layanan,” terangnya.

Baca Juga : SIDAK LUTRA Untuk Tata Kelola Keolahragaan Dan Perencanaan Prestasi Atlet Di Luwu Utara

“Jadi kita terus berupaya cari teknologi yang mudah dan terjangkau terutama di daerah yang belum dijangkau PLN dan diketahui Seko masih belum stabil hanya memanfaatkan turbin dan PLTMH yang kapasitasnya terbatas,” jelas Indah yang pada kesempatan itu juga menjenguk pasien di ruang perawatan.

Indah berharap, Pemda bisa terus melakukan perbaikan pelayanan khususnya layanan kesehatan.

“Di Puskesmas ini juga kita sudah bangun fasilitas rumah nakes, yang perlu ditambah ruang perawatannya karena kesadaran masyarakat untuk mendapatkan layanan kesehatan semakin baik, jauh dari kota, jadi kapasitasnya masih butuh ditambah,” pungkas Indah didampingi Kepala Puskesmas Seko, Yan Sudirman. (*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646