0%
logo header
Selasa, 24 April 2018 17:27

Wabup Takalar Minta Kades Transparan Kelola Keuangan Desa

Wabup Takalar Minta Kades Transparan Kelola Keuangan Desa

REPUBLIKNEWS.CO.ID, TAKALAR – Telah dilaksanakan Workshop Evaluasi Implementasi Siskeudes dalam Tata Kelola Keuangan Desa Kab. Takalar yang dibuka langsung oleh Wakil Bupati Takalar, Achmad Dg. Se’re, di Ruang Pola Kantor Bupati Takalar, Selasa (24/04/2018).

Adapun tema yang diangkat yaitu “Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Desa yang Partisipatif, Transparan dan Akuntabel dengan menggunakan Aplikasi Siskeudes”.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) kerjasama Pemerintah Daerah Kab. Takalar dengan jumlah peserta kurang lebih 171 orang berasal dari OPD terkait, Muspida, para Camat serta para Kepala desa se-Kab. Takalar.

Sekda Takalar DR. Ir. H. Nirwan Nasrullah, M.Si selaku moderator memperkenalkan Narasumber yaitu Anggota Komisi XI DPR RI, Amir Uskara,M.Kes, Direktur PLP Bidang Polsoskam Lainnya BPKP Pusat Iwan Taufiq Purwanto, Pemeriksa Madya BPK RI Prov. Sulsel Jamaluddin, SE. MH. AK. CA. Kepolisian Daerah Prov. Sulsel Kompol. Drs. Hamka Malluru, dengan materi masing-masing yaitu Implementasi UU Nomor 6 Tahun 2014 untuk kesejahteraan rakyat, Pengawalan Akuntabilitas Keuangan Desa, Pemeriksaan Pengelolaan Keuangan Desa dan Peran Polri dalam Mengawal Pembangunan Desa.

Achmad Dg Se’re dalam sambutannya mengatakan, bahwa tantangan dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pengelolaan keuangan desa memang semakin berat untuk itu Kepala Desa secara khusus dituntut agar mampu bekerjasama dengan semua pihak dalam meningkatkan transparansi penyelenggaraan pemerintahan dan pengelolaan keuangan desa.

“Dalam meminimalisir penyimpanan yang terjadi dalam penggunaan keuangan desa maka perlu digunakan aplikasi Siskeudes. Aplikasi ini sudah memenuhi ketentuan regulasi yang terintegrasi dari hulu ke hilir, inti dari penggunaan aplikasi ini adalah tidak menunda mencatat atau menginput transaksi yang terjadi,” kata Wakil Bupati Takalar.

Dalam kegiatan tersebut dirangkaikan dengan penyerahan Cendramata dari BPKP ke Pemda Takalar dan dari Pemda Takalar ke Anggota Komisi XI DPRD RI.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646