0%
logo header
Selasa, 04 Juni 2024 21:49

Wapres Ma’ruf Amin Canangkan Pembangunan Sentra Sarana dan Prasarana Pemerintahan PPS

M. Imran Syam
Editor : M. Imran Syam
Wapres RI Ma'ruf Amin meneliti land market pembangunan sentra sarana dan prasarana pemerintahan Provinsi Papua Selatan didampingi Wamendagri John Wempi Wetipo dan Pj.Gubernur Papua Selatan Apolo Safanpo. (Foto Istimewa)
Wapres RI Ma'ruf Amin meneliti land market pembangunan sentra sarana dan prasarana pemerintahan Provinsi Papua Selatan didampingi Wamendagri John Wempi Wetipo dan Pj.Gubernur Papua Selatan Apolo Safanpo. (Foto Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MERAUKE – Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI), K. H. Ma’ruf Amin secara resmi mencanangkan pembangunan sentra sarana dan prasarana pemerintahan Provinsi Papua Selatan (PPS) melalui peletakan batu pertama secara simbolis yang dilaksanakan di Swiss-belHotel Merauke, Selasa (4/6/2024 sekitar pukul 10.30 WIT.

Dalam kegiatan pencanangan itu, Wapres Ma’ruf Amin mengingatkan pembangunan sentra sarana dan prasarana yang menampilkan wajah pemerintahan Provinsi Papua Selatan (PPS) harus selalu memperhatikan dan menghargai simbol kearifan lokal di wilayah ini.

“Hari ini kita mencanangkan pembangunan sentra sarana dan prasarana pusat pemerintahan Provinsi Papua Selatan (PPS), yang merupakan tanda komitmen dan kesungguhan pemerintah pusat untuk membangun Provinsi Papua Selatan,” ujar Wapres Ma’ruf Amin dalam momen pencanangan itu.

Baca Juga : Satpol-PP Merauke Tutup Kedai Remang-Remang di Kawasan Bandara Mopah

Ma’ruf Amin menyampaikan beberapa poin pesan untuk mengakselerasi pembangunan Provinsi Papua Selatan kedepan. Poin pertama, mempertajam program dan langkah yang bersifat komprehensif dengan menonjolkan potensi dan keunikan wilayah Provinsi Papua Selatan yang berada di perbatasan negara.

“Cita-cita masyarakat Papua Selatan untuk membangun sebuah rumah besar sebagai tempat naungan hidup telah terwujud saat ini. Namun masih ada tanggung jawab besar di hadapan kita yaitu menjadikan rumah baru ini memancarkan cahaya kesejahteraan, kedamaian dan keadilan di timur Indonesia,” kata Wapres.

Poin kedua, lanjutnya, menjadikan kawasan sentra pemerintahan Provinsi Papua Selatan ini tidak hanya menjadi penopang fisik fungsi pemerintahan semata, tetapi juga poros penggerak percepatan pembangunan di provinsi ini.

Baca Juga : Berkendara Dalam Keadaan Mabuk, Seorang Wanita di Merauke Tabrak Pejalan Kaki Hingga Tewas

“Kawasan ini harus mendorong pengembangan ruang terbuka, penggerak kegiatan sosial kemasyarakatan yang inklusif serta pusat penyusunan kebijakan yang meningkatkan konektivitas ekonomi antar wilayah di Provinsi Papua Selatan,” ucapnya.

Ketiga, sambung Wapres, meningkatkan kolaborasi dan kerjasama antara kementerian lembaga dan pemerintah daerah agar terus aktif memastikan persiapan tahapan pembangunan berjalan dengan baik. Seluruh pemangku kepentingan harus melibatkan orang asli Papua (OAP) dalam rencana induk yang terpadu.

Desain pembangunan harus dilakukan secara berkesinambungan, dan nilai proyek yang terukur serta pembiayaan lintas sektor untuk pembangunan sentra sarana dan prasarana utama beserta sarana pendukung lainnya.

Baca Juga : Ketua KPU Papua Selatan: Coklit Data Pemilih Tetap Disesuaikan Alamat KTP

“Saya menitipkan pesan menitipkan harapan agar pembangunan sentra sarana dan prasarana pemerintahan ini kelak berperan sebagai sebuah kota baru di Provinsi Papua Selatan sekaligus menampilkan wajah pemerintahan yang tetap menghargai simbol kearifan lokal di wilayah ini,” pesan Ma’ruf Amin.

“Marilah semua kita sama-sama mewujudkan Papua bangkit, mandiri, sejahtera dan berkeadilan di tanah Papua Selatan,” ajak Wapres menyudahi sambutannya. (*)

Penulis : Hendrik Resi
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 813-455-28646