0%
logo header
Kamis, 01 Februari 2024 21:30

15 Jurnalis di Papua Selatan Diuji Kualitas Kompetensi Kewartawanannya

Mulyadi Ma'ruf
Editor : Mulyadi Ma'ruf
Peserta UKW Papua Selatan bersama Penguji dari PWI Pusat (Foto: Humas PWI Papua Selatan)
Peserta UKW Papua Selatan bersama Penguji dari PWI Pusat (Foto: Humas PWI Papua Selatan)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MERAUKE — Sedikitnya 15 wartawan dari berbagai media di Kabupaten Merauke dan Boven Digoel Provinsi Papua Selatan mengikuti Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) Tingkat Muda yang diselenggarakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Papua Selatan bertempat di Swiss-belHotel Merauke, Senin (29/1/2024).

Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) itu dibuka secara resmi oleh Staf Ahli Penjabat (PJ) Gubernur Papua Selatan Willem da Costa dengan menghadirkan Sekjen PWI Pusat, Sayid Iskandarsyah, Wakil Sekjen PWI Pusat, Raja Parlindungan Pane, Ketua PWI Papua Hans Bisay, Plt. Ketua PWI Papua Selatan Agustinus Kowo.

Sementara itu, tiga penguji UKW yang memberikan mata ujian antara lain M. Noeh Hatumena (PWI Pusat), Andi Faisal Syam (PWI Sulsel) dan Abdul Munib (PWI Papua) yang dibantu oleh Albert Yomo (PWI Papua) dan beberapa pengurus PWI Provinsi Papua.

Baca Juga : Kejari Merauke Sidik Perkara Dugaan Tipikor Pembangunan Lanjutan Kantor Bupati Baru Boven Digoel

Turut memenuhi undangan beberapa pejabat Forkopimda Provinsi Papua Selatan, diantaranya Kapolres Merauke, AKBP I Ketut Suarnaya, perwakilan Dinas Kominfo Papua Selatan,  Agustinus H Way, perwakilan Kajari Merauke, Willy Afer dan beberapa pejabat Forkopimda Papua Selatan.

Ujian Kompetensi Wartawan bagi belasan jurnalis yang digelar di Merauke ini adalah pertama kali dilaksanakan di Provinsi Papua Selatan yang menjadi Daerah Otonomi Baru di Tanah Papua.

UKW di Merauke ini terlaksana atas kerja sama PWI Pusat dengan Forum Humas BUMN. Dua BUMN yang mendukung acara ini adalah PT Freeport dan Bukit Asam.

Baca Juga : Rumah Perjuangan Paslon Bupati Hendrik-Riduwan di Distrik Kurik Merauke Diresmikan

Ujian Kompetensi Wartawan di Papua Selatan berlangsung selama 15 jam yang dimulai Senin 29 Januari 2024 dan berakhir Selasa 30 Januari 2024. Para jurnalis dibagi dalam tiga kelompok,  kelompok pertama diikuti lima orang, Kelompok kedua juga diikuti lima orang dan kelompok ketiga enam orang.

Staf Ahli Gubernur Papua Selatan dalam sambutannya mengatakan, Pemprov Papua Selatan sangat berterima kasih kepada Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) atas terselenggaranya UKW di Merauke.

“Ini pertama kali dilakukan di Merauke. UKW sangat penting, karena melalui UKW bisa kualitas profesi wartawan ditingkatkan. Saya berterima kasih kepada PWI Pusat,  PT Freeport, dan Bukit Asam yang mendukung UKW. Saya harap ini bisa menambah mutu pekerja jurnalistik di Papua Selatan,” kata da Costa  dalam sambutannya.

Baca Juga : Plat Kendaraan Bermotor di Papua Selatan Resmi Berganti dari PA ke PS

“Ya, saya juga harap PWI dan Pemprov Papua Selatan bisa bergandengan tangan. Saya yakin suatu daerah sulit maju tanpa kehadiran jurnalis. Karena jurnalis dapat menyampaikan kebijakan pemprov ke masyarakat,” sambungnya.

Dia juga berharap semua peserta yang ikut UKW bisa lulus semuanya sehingga bisa kembali bertugas dengan lebih baik karena sudah mendapatkan pembekalan dari penguji.

Sementara itu, Plt. Ketua PWI Papua Selatan Agustinus Kowo sebagai ketua Panitia Pelaksana UKW Papua Selatan mengatakan, melalui UKW diharapkan wartawan di Papua Selatan bisa kompeten dan mampu mengangkat martabat  profesinya.

Baca Juga : Sekda Papua Selatan Tegaskan Pejabat Pemprov Wajib Mundur Jika Maju Calon Kepala Daerah

“Sebagai tuan rumah saya sangat berterima kasih kepada PWI Pusat, PT Freeport, dan PT Bukit  Asam dan juga saya ucapkan terima kasih kepada PJ Gubernur Papua Selatan,” ucapnya.

Dalam momen itu, Sekjen PWI Pusat, Sayid Iskandarsyah mengaku bangga atas kesiapan PWI Papua Selatan dalam menyelenggarakan UKW di Merauke. Mengingat, kepengurusan PWI Papua Selatan belum lengkap dan definitif.

“Sesuai pesan Ketua Umum  PWI Pusat Hendry CH Bangun, mudah-mudahan April 2024, kepengurusan PWI Papua Selatan sudah terbentuk secara definitif. Ketua Umum PWI Pusat berjanji akan datang ke Merauke bulan April untuk melantik para pengurus yang terpilih,” kata Sayid Iskandarsyah.

Baca Juga : Sekda Papua Selatan Tegaskan Pejabat Pemprov Wajib Mundur Jika Maju Calon Kepala Daerah

“Saya sangat berterima kasih kepada PT Freeport dan Bukit Asam yang telah banyak membantu acara UKW di Merauke. Para wartawan di Papua Selatan memang sangat antusias mengikuti UKW ini. Mereka merasa sangat beruntung ikut UKW untuk lebih meningkatkan pengetahuan jurnalisnya,” pungkasnya.

Salah satu peserta UKW Sharif Jimar, 36 tahun dari Kompas TV mengaku ajang UKW sangat berguna untuk menambah pengetahuan sebagai jurnalis. Menurutnya, meski dia sudah empat tahun  bekerja sebagai reporter Kompas TV di Papua Selatan, dia merasa belum kompeten sebelum mengikuti UKW.

“Saya mempersiapkan diri secara khusus untuk mengikuti UKW agar bisa lulus. Dalam UKW saya dapat ilmu pengetahuan yang sangat penting, terutama ketelitian, menggunakan bahasa dan kode etik jurnalis. Saya harap, agar ada lagi UKW di Papua Selatan yang diperuntukkan bagi wartawan muda dan madya,” harap Sahrif. (*)

Penulis : Hendrik Resi
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646