0%
logo header
Selasa, 28 November 2023 19:12

Bawaslu Sinjai Tetap Copot APK di Wilayah Pribadi Jika Tak Lakukan Hal Ini

Mulyadi Ma'ruf
Editor : Mulyadi Ma'ruf
Deretan Alat Peraga Kampanye Peserta Pemilu 2024 yang Terpasang di Dekat Tugu Bambu Kecamatan Sinjai Utara. (Foto: Asrianto / Republiknews.co.id)
Deretan Alat Peraga Kampanye Peserta Pemilu 2024 yang Terpasang di Dekat Tugu Bambu Kecamatan Sinjai Utara. (Foto: Asrianto / Republiknews.co.id)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, SINJAI — Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sinjai menegaskan akan mencopot Alat Peraga Kampanye (APK) Peserta Pemilu 2024 di wilayah pribadi jika tak memiliki izin dari pemilik lahan.

Aturan itu berdasarkan pada Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 15 tahun 2023 tentang pemasangan alat peraga di wilayah pribadi.

“Peserta pemilu yang memasang APK di wilayah pribadi wajib menunjukkan izin secara tertulis jika tidak ingin peraga kampanye nya kita copot,” kata Ketua Bawaslu Sinjai, Muhammad Arsal, Selasa (28/11/2023).

Baca Juga : DPRD Serahkan 5 Ranperda yang Telah Disepakati Bersama Pemda Sinjai

Jadi saat penertiban nantinya, pemilik lahan atau calon legislatif wajib memperlihatkan secara tertulis izin pemasangan alat peraga kampanye. Sebab jika tidak, langkah tegas berupa pencopotan tetap akan kita lakukan.

“Selama tidak sesuai dengan PKPU, kita akan tindak tegas,” ungkapnya.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sinjai sendiri akan melakukan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) peserta pemilu 2024 pada (Kamis, 30/11/2023) di 9 Kecamatan dengan melibatkan Panwaslu Kecamatan.

Baca Juga : Pemilih Pemula di Sinjai Belum Rekam e-KTP, Ribuan Hak Pilih Berpotensi Hangus

Bersama Polres Sinjai, Dinas Perhubungan, Satpol-PP serta Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Sinjai penertiban tersebut akan dilaksanakan selama 3 hari kedepan. (*)

Penulis : Asrianto
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646