0%
logo header
Selasa, 09 Juli 2024 11:16

Debat Pilgub Bakal Digelar di Daerah, KPU Sulsel Siapkan 3 Daerah Representatif

Rizal
Editor : Rizal
Kegiatan Cafe Demokrasi Pemilihan Serentak 2024 yang digelar KPU Sulsel di Red Corner Cafe, Jalan Yusuf Dg Ngawing, Makassar, Senin (8/7/2024). (Foto: Istimewa)
Kegiatan Cafe Demokrasi Pemilihan Serentak 2024 yang digelar KPU Sulsel di Red Corner Cafe, Jalan Yusuf Dg Ngawing, Makassar, Senin (8/7/2024). (Foto: Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR – Bakal ada yang berbeda dengan tahapan debat Pilkada dan Pilgub Sulsel 2024 mendatang. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan menyiapkan terobosan baru.

Untuk Pilkada, setiap KPU kabupaten/kota dipercayakan menggelar kegiatan debat tersebut di wilayahnya masing-masing. Dengan demikian, para penyelenggara pemilu di 24 kabupaten/kota di Sulsel harus mulai bersiap dari sekarang.

Koordinator Divisi Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU Sulsel, Hasruddin Husain menjelaskan bahwa khusus Pilgub Sulsel, pihaknya tengah menyiapkan tiga daerah yang dianggap representatif untuk menggelar tahapan debat.

Baca Juga : 66 Kepala Desa di Gowa Dapat Perpanjangan Masa Jabatan

“Sementara kami desain. Ada tiga daerah yang bisa menjadi representasi dari 24 kabupaten/kota, yakni Bulukumba, Palopo, dan Parepare,” katanya dalam acara Cafe Demokrasi Pemilihan Serentak 2024 yang digelar KPU Sulsel di Red Corner Cafe, Jalan Yusuf Dg Ngawing, Makassar, Senin (8/7/2024).

Sekadar diketahui, selama ini debat Pilkada di Sulsel selalu digelar di Kota Makassar. Sementara untuk tahapan debat Pilgub Sulsel biasanya digelar di Jakarta.

“Jadi debat itu bukan hanya tentang Makassar tapi ada daerah lain. Makanya KPU mendesain debat itu di masing-masing kabupaten/kota sehingga masyarakat betul-betul menyaksikan para calon melakukan debat,” jelas Hasruddin.

Baca Juga : Bawaslu dan KPU Gowa Koordinasikan Data Pemilih di Wilayah Divif 3 Kostrad

Selain itu, katanya, tujuan debat ini dilaksanakan di daerah agar penyebaran informasi bisa lebih maksimal dan menyeluruh. Mantan ketua KPU Parepare itupun mengaku bakal segera membahas soal pengamanan debat bersama Polda Sulsel dan jajaran Polres di setiap daerah.

“Sementara kami juga akan memanggil KPU 24 kabupaten/kota dan lembaga penyiaran. Secara teknis, sudah ada pola yang akan kami bangun,” demikian Hasruddin. (*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646