0%
logo header
Jumat, 07 September 2018 16:49

FTI UMI Sambut 515 Mahasiswa Baru di Pesantren Darul Mukhlisin Padang Lampe

FTI UMI Sambut 515 Mahasiswa Baru di Pesantren Darul Mukhlisin Padang Lampe

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR — Sebanyak 515 Mahasiswa Baru Program S1 Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Muslim Indonesia (UMI) akan mengikuti pesantren di pesantren Darul Mukhlisin, Padang Lampe di Kabupaten Pangkep, selama 3 hari, mulai hari ini (Jumat, 7 September) hingga minggu, 9 September mendatang.

Dekan FTI UMI, Zakir Sabara mengatakan pesantren tersebut merupakan tradisi dalam penyambutan Mahasiswa baru yang sudah berlangsung sejak 18 tahun lalu.

“Tradisi penyambutan mahasiswa baru dengan menggelar kegiatan pesantren kilat sangat baik, tradisi ini telah berlangsung kurang lebih 18 tahun. Awalnya sebelum UMI memiliki Gedung Pesantren Mahasiswa di Padang Lampe Pangkep, kegiatan penyambutan maba kala itu dilaksanakan di Asrama Haji Sudiang,” ujar Zakir Sabara.

Baca Juga : Aspirasi Masyarakat Jadi Prioritas Karaeng Kio Saat Pimpin Gowa

Tradisi tersebut, lanjut Zakir, merupakan upaya dari Universitas Muslim Indonesia dalam menepis anggapan penyambutan mahasiswa baru dengan kekerasan.

“Tradisi baik ini menunjukkan, sejak lama kami telah berupaya semaksimal mungkin melakukan perubahan radikal dalam menyambut mahasiswa baru yang dahulu kala sangat identik dengan kekerasan,” ungkapnya.

“Tapi kami juga menyadari, tradisi baik ini tidak cukup hanya seperti ini, hanya kegiatan rutinitas dan penuh acara seremoni, yang mungkin membuat anak jaman millennial sangat membosankan. Ini tantangan sekaligus harapan kedepan, agar muatan pelaksanaan pesantren jauh lebih baik dan mampu menyesuaikan perkembangan jaman,” tutupnya.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 813-455-28646