0%
logo header
Minggu, 11 Juni 2023 08:19

Gelar Karnaval, Talas Unismuh Kampanyekan Stop Kekerasan di Kampus

Rizal
Editor : Rizal
UKM SB Talas Unismuh Kampanyekan Stop Kekerasan di dalam kampus. Sabtu (10/06/2023)
UKM SB Talas Unismuh Kampanyekan Stop Kekerasan di dalam kampus. Sabtu (10/06/2023)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR — Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Seni dan Budaya Talas merupakan lembaga kampus bagi mahasiswa Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar yang memiliki bakat dan minat di bidang kesenian.

UKM Talas menggelar perekrutan calon anggota baru angkatan ke- 22 dengan tema “Surprise” memasuki hari pertama proses indoor yang berlangsung selama 3 hari ke depan di kampus Unismuh Makassar, Sabtu (10/06/2023).

Calon anggota baru yang ikut bergabung sebanyak 40 mahasiswa dari berbagai fakultas dan jurusan di Universitas Muhammadiyah Makassar.

Baca Juga : PLN Goes To Campus Sambangi Unismuh Makassar, Mahasiswa Diedukasi Informasi Kelistrikan

Organisasi yang bergerak di bidang seni dan budaya ini akan melanjutkan proses outdoor yang nantinya dilaksanakan di Kawasan Wisata Surandar Pattunuang Kabupaten Maros selama 4 hari.

Di hari pertama, para calon anggota baru menggelar Karnaval Budaya Lingkup Kampus, dengan membawa selembaran kertas bertuliskan ‘STOP KEKERASAN’ yang akhir-akhir ini marak dilakukan oleh senior terhadap juniornya.

Ketua Umum UKM Seni Budaya Talas Unismuh Makassar, Suandi mengatakan, pelakasana karnaval ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yang menitik beratkan terhadap kebudayaan. Tahun ini fokus terhadap kontra dan perlawanan terhadap tindakan kekerasan yang marak terjadi di dunia kampus.

Baca Juga : BI Sulsel Gandeng Unismuh Makassar Beri Pelatihan Sertifikasi Halal ke Pelaku UMKM

“Karnaval kali ini sebagai bentuk perlawanan terhadap bentuk kekerasan dan bullying di dunia perkuliahan yang kadang masih sering ditemukan terjadi di kampus. Senioritas yang kebablasan merupakan momok menakutkan dan sering merugikan pihak mahasiswa baru,” ujar Suandi.

Suardi menuturkan, hal ini harus segera mendapat perhatian khusus dari pihak Universitas karena tidak memberi dampak positive dan hanya memupuk tindakan kekerasan kedepannya.

“Senioritas seharusnya dijalankan positive bagi senior sebagai bentuk perlindungan dan mendidik kepemimpinan bagi mahasiswa baru Unismuh,” tuturnya.

Baca Juga : Kolaborasi Nasional SPIDI, Google, dan Unismuh Wujudkan Digitalisasi Manajemen Sekolah

Kampanye perlawanan tidakan kekerasan yang dilakukan oleh calon anggota baru dan pengurus UKM Talas ini berharap kedepannya dengan aksi ini memberi teguran kepada pihak kampus agar lebih fokus menyikapi masalah di dalam lingkup Universitas Muhammadiyah Makassar, sebagai kampus swasta ternama di Kota Makassar. (*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 813-455-28646