0%
logo header
Minggu, 26 November 2023 09:35

IKTL Flores Timur Harus Jadi Garda Terdepan Pimpin Pembangunan Pendidikan di Lamaholot

Mulyadi Ma'ruf
Editor : Mulyadi Ma'ruf
Sidang senat terbuka IKTL, angkatan ke VII tahun 2022/2023. (Foto: Tarwan/ Republiknews.co.id)
Sidang senat terbuka IKTL, angkatan ke VII tahun 2022/2023. (Foto: Tarwan/ Republiknews.co.id)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, FLORES TIMUR — Institut Keguruan dan Teknologi Larantuka (IKTL) Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), diharapkan mampu menjadi garda terdepan dalam memimpin pembangunan pendidikan di Bumi Lamaholot yang melekat padanya kultur Budaya.

Demikian disampaikan oleh Rektor IKTL Kristoforus Ado Aran dalam sambutanya di acara sidang senat terbuka Institut Keguruan dan Teknologi Larantuka, angkatan ke VII, Tahun Akademik 2022/2023, di Gedung Multi Event Hall Larantuka, Jumat (24/11/2023).

Di Era disrupsi sat ini tambah Kristo, perguruan tinggi dituntut untuk bisa memberikan berbagai solusi dari berbagai permasalahan yang ada.

Baca Juga : Ombudsman NTT Soroti Kinerja Aggota Polres Flotim dalam Kasus Tindak Pidana Pengerusakan

“Apabila kita tidak mampu menghadirkan solusi maka kita akan tergerus dan semakin terpusuk serta tidak mampu mempertahankan eksistensi. Sebaliknya jika kita mampu memberikan solusi dari berbagai masalah yang ada maka eksistensi kita akan membawa perubahan yang besar,” kata Rektor Kristo.

Kristoforus Ado Aran, S.Pd.,M.Pd., menyampaikan, dikalangan pemikir pendidikan banyak yang meragukan masa depan pendidikan, keraguan mereka jelas Rektor Kristo, karena pergeseran situasi dan kondisi teknologi industri berkembang begitu cepat yang menggeser peran manusia dalam berbagai aspek kegiatannya, ini disebut industry 4.0.

“Bahkan banyak memperidiksi bahwa dalam kurung 5-10 tahun kedepan akan memasuki tahap industry 5.0., dimana aktivitas manusia idominasi oleh mesin bahkan perangkat lunak (Artificial Intelligence) yang lazim disebut penggunaan kecerdasan buatan,” katanya.

Baca Juga : Terduga Pelaku Pembakaran Motor Dilepas, Keluarga Sesalkan Kinerja Anggota Polres Flotim

Kristo Aran juga mengatakan, IKTL harus menjadi garda terdepan untuk memimpin pembangunan pendidikan di Bumi Lamaholot yang melekat padanya kultur Budaya.

“Saat ini kita boleh merasa pesimis dengan posisi dan keterbatasan yang kita miliki tetapi tidak mesti mendistorsi semangat kita untuk berbuat yang terbaik bagi masyarakat,” katanya.

IKTL jelas Kristo, memiliki peran strategis kedepan, karena menurut dia berada diberanda terdepan NKRI dan didukung oleh berbagai macam program pemerintah pusat seperti kawasan ekonomi khusus, kawasan parwisata prioritas nasional.

Baca Juga : Ditengah Erupsi Gunung Lewotobi, WNA Asal Swedia Malah Camping di Daerah Rawan Aliran Erupsi

“Karena itulah kita mesti memiliki mimpi agar IKTL harus meniadi menjadi role- role model model pendidikan pendidikan tinggi tinggi yang berada pingiran NKRI agar IKTL dapat dapat bersaing dengan pendidikan tinggi lainnya di NTT dan indonesia,” kata Rektor Kristo.

Diakhir sambutannya, Rektor IKTL Kristoforus Ado Aran menyampaikan, untuk meningkatkan mutu Lembaga, segenap civitas akademika IKTL pada tahun ini penerimaan mahasiswa angkatan tahun akademik 2023/2024 tercatat mahasiswa yang paling banyak.

“Oleh karena itu kami pimpinan IKTL dan pengurus yayasan dalam proses pengembangan kampus II IKTL yang ada di Lokasi Desa Tiwatobi Watowiti, kecamatan Ilemandiri kami mohon dukungan doa dalam proses pembangun kampus II IKTL,” harapnya. (*)

Penulis : Tarwan Stanislaus
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646