0%
logo header
Kamis, 16 Mei 2024 23:08

Lantik 110 PPD di Merauke, Ketua KPU: Penyelenggara Jangan Permainkan Suara Rakyat

M. Imran Syam
Editor : M. Imran Syam
Ketua KPU Kabupaten Merauke Rosina Kebubun, saat melantik 110 Anggota PPD di Kabupaten Merauke, Kamis (16/05/2024). (Foto: Hendrik Resi / republiknews.co.id)
Ketua KPU Kabupaten Merauke Rosina Kebubun, saat melantik 110 Anggota PPD di Kabupaten Merauke, Kamis (16/05/2024). (Foto: Hendrik Resi / republiknews.co.id)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MERAUKE – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Merauke, Rosina Kebubun melantik 110 anggota Panitia Pemungutan Distrik (PPD) dari 22 distrik se Kabupaten Merauke di Swiss-belHotel, Kamis (16/5/2024).

Panitia Pemungutan Distrik (PPD) menjadi perpanjangan tangan Komisi Pemilihan Umum di tingkat distrik selaku penyelenggara Pemilihan Umum (Pemilu) terutama dalam rangka Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

Pilkada Serentak 2024 baik Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Papua Selatan maupun Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilgub) Kabupaten Merauke akan diselenggarakan pada 27 November 2024.

Baca Juga : Ceramah di Depan Ribuan Umat Muslim Merauke, Gus Miftah Puji Sikap Toleransi Masyarakat Papua Selatan

Ketua KPU Kabupaten Merauke Rosina Kebubun mengatakan, pelantikan anggota PPD yang sebanyak 110 orang dilakukan setelah bimbingan teknis (bimtek) yang diperikan terkait komunikasi dan hubungan kerja PPD dan KPU maupun  penyelenggara Pemilu di tingkat bawah dan sebagainya.

“Dengan pelantikan ini, anggota PPD secara resmi siap bekerja  melaksanakan seluruh agenda dan tahapan Pilkada 2024 hingga pelaksanaan pemungutan dan perhitungan/rekapitulasi suara Pilgub dan Pilbup yang kurang lebih 6 bulan lagi,” kata Rosina Kebubun dalam sambutannya.

“Kalau Pilpres dan Pileg 14 Februari 2024 lalu bisa sukses, Pilgub dan Pilbup 27 November 2024 juga harus bisa sukses. Kita semua harus siap bekerja dan mempersiapkan seluruh tahapan ini dengan sebaik-baiknya,” pesannya.

Baca Juga : Perdana PHBI Papua Selatan Terbentuk, H. Ali Syahbana Terpilih Menjadi Ketua

Dalam waktu dekat, kata Rosina Kebubun, KPU mempersiapkan daftar pemilih melalu proses pemutakhiran untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Selatan dan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Merauke.

“Kerja-kerja KPU ini tidak akan berhasil jika kami bekerja sendiri. Tetapi kami butuh teman-teman semua yaitu panitia tingkat distrik untuk bekerja dengan kami. Saat ini juga kami tengah menyeleksi Panitia Pemungutan Suara (PPS) tingkat kampung/kelurahan di 179 kampung dan 11 kelurahan Kabupaten Merauke,” ucapnya.

Pilkada 2024, lanjutnya, sarat dengan tekanan politik terutama Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Papua Selatan. Mengingat, ajang ini baru pertama kali dilaksanakan diiringi Pilbup Merauke, sehingga penyelenggara harus siap secara fisik maupun mental.

Baca Juga : Hari Raya Waisak 2024, Umat Budha di Merauke Diajak Ciptakan Keharmonisan Hidup Berbangsa

“Kita harus siap, mau diprotes atau dimarahi, tetap harus siap baik fisik maupun mental. Komunikasi kita juga harus siap, karena kita punya waktu yang sangat sedikit. Kita berharap Pilkada bisa diselenggarakan dengan sukses, aman dan damai,” imbuhnya.

“Penyelenggara jangan jadi sumber konflik. Jangan permainkan suara rakyat, jangan ubah suara rakyat sana-sini, kerja dengan jujur. Barang yang ada di TPS itulah sudah dan jangan diubah. Orang bilang Vox Populi Vox Dei (suara rakyat adalah suara Tuhan. Jangan tergoda setan lantas berubah itu suara. Semua harus siap bekerja,” pesan Rosina tegas. (*)

Penulis : Hendrik Resi
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 813-455-28646