0%
logo header
Kamis, 11 Januari 2024 12:52

Nicolaus Kondomo: Saya Siap Maju di Pilgub Papua Selatan 2024

Mulyadi Ma'ruf
Editor : Mulyadi Ma'ruf
Staf Ahli Bidang Hubungan Antar Lembaga dan Kerjasama Internasional Kejaksaan Agung, Nicolaus Kondomo. (Istimewa)
Staf Ahli Bidang Hubungan Antar Lembaga dan Kerjasama Internasional Kejaksaan Agung, Nicolaus Kondomo. (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MERAUKE – Mantan Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Papua Nicolaus Kondomo menyatakan siap dan bersedia maju bertarung dalam kontestasi Pemilihan Gubernur (Pilgub) Provinsi Papua Selatan 2024.

Kesediaan Nicolaus Kondomo disampaikan langsung kepada sejumlah wartawan ketika menggelar Konferensi Pers di Swiss-belHotel Merauke, Rabu (10/01/2022).

Nicolaus Kondomo yang saat ini menjabat Staf Ahli Bidang Hubungan Antar Lembaga dan Kerjasama Internasional Kejaksaan Agung Republik Indonesia sejak 2022 ini, selain sebagai mantan Kepala Kejaksaan Tinggi Papua juga pernah ditunjuk oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi Papua Pegunungan Tengah.

Baca Juga : AKBP Leonardo Yoga Kapolres Baru Merauke, AKBP I Ketut Suarnaya Berpamitan ke Polda Bali

Kesediaan untuk maju di arena Politik Pemilukada ini didasari atas permintaan masyarakat dan sejumlah tokoh di wilayah Papua Selatan saat dia melakukan kunjungan kerja sepekan dalam rangka memberikan sosialisasi tentang upaya pencegahan dan penanganan kasus korupsi di beberapa kampus di Merauke.

“Pertama-tama berterima kasih, saya datang ke Papua Selatan, Merauke atas perintah langsung Jaksa Agung terkait ada permintaan memberikan kuliah umum di dua universitas yakni di Universitas Musamus dan  STIE Yapis Merauke.”

“Saya berterima kasih kepada Rektor Musamus dan Uname yang telah memberikan fasilitasnya. Mereka meminta untuk memberi motivasi dan pencerahan kepada adik-àdik mahasiswa dan juga meminta saya untuk memimpin Provinsi Papua Selatan,” beber Nicolaus.

Baca Juga : Lepas dari PT Dongeng Prabawa, Koperasi Iska Bekai Buka Kebun Sawit 5000 Hektar di Merauke

Permintaan masyarakat agar dirinya maju ke suksesi kursi Gubernur Papua Selatan ini sangat beralasan. Mengingat Nicolaus Kondomo adalah putera asli Papua Selatan yang memiliki segudang prestasi dan pengelaman karir serta rekam jejaknya sebagai sosok pemimpin handal.

“Kalau memang masyarakat meminta saya untuk menjadi calon Gubernur Provinsi Papua Selatan, saya pribadi ucapkan terima kasih. Pertama-tama, memang saya anak asli Papua Selatan. Bapa dan mama saya asli Digoel, lahir di Merauke dan besar di Muting. Saya SD di Netentiri Netto, SMP di Bade terus lari ke Kimaam. Apabila memang betul-betul mereka meminta kepada saya untuk menjadi Gubernur definitif Papua Selatan, saya bersedia. Saya bersedia melayani masyarakat,” ucap Nicolaus.

Visi dan misi utama Nicolaus Kondomo maju calon menjadi Gubernur Papua Selatan adalah meningkatkan derajat pendidikan dan kesehatan masyarakat di Papua Selatan yang dirasakan masih tertinggal dengan daerah lain, selanjutnya menekan inflasi dan memacu pertumbuhan ekonomi serta mengembangkan sektor pertanian, perkebunan, dan perikanan yang sektor unggulan di wilayah ini.

Baca Juga : Uskup Mandagi Tekankan Kongres Nasional PMKRI di Merauke Harus Lahirkan Pejuang Kemanusian

“Pendidikan jalan situ sangat penting, serta inflasi betul-betul dijaga.Pengelaman saya di Papua Pegunungan telah saya lakukan itu, salah satunya mencanangkan pilot project tentang pertanian di sana. Sekarang sudah berjalan dan mudah-mudahan bisa berhasil dengan baik.

“Nah, di Papua Selatan ini pertanian dan perkebunan yang saya lihat harus dikembangkan. Itu yang sangat berpotensi, selain bidang yang lain,” tandasnya. (*)

Penulis : Hendrik Resi
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646