0%
logo header
Jumat, 24 Mei 2024 16:14

Perdana PHBI Papua Selatan Terbentuk, H. Ali Syahbana Terpilih Menjadi Ketua

M. Imran Syam
Editor : M. Imran Syam
Ketua Terpilih PHBI Papua Selatan, H. Ali Syahbana memberikan sambutan. (Foto: Hendrik Resi / republiknews.co.id)
Ketua Terpilih PHBI Papua Selatan, H. Ali Syahbana memberikan sambutan. (Foto: Hendrik Resi / republiknews.co.id)

REPUBLIKNEW.CO.ID, MERAUKE — Musyawarah Pemilihan Ketua Pengurus Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Provinsi Papua Selatan menetapkan H. Ali Syahbana sebagai Ketua Terpilih PHBI periode 2024-2027 melalui voting yang dilakukan di Hotel Halogen Merauke, Rabu (23/05/2024).

Musyawarah ini baru pertama kali diselenggarakan sekaligus terbentuknya pengurus PHBI Provinsi Papua Selatan yang membawahi empat (4) kabupaten yakni Merauke, Mappi, Asmat dan Boven Digoel.

Empat kandidat (calon) diusung dalam Musyawarah Pemilihan Ketua PHBI Papua Selatan yang dilakukan melalui voting yakni H. Ali Syahbana, Agus Irianto, Abu Bakar Ahyar dan Misnurliana Rambe.

Baca Juga : KPU Kabupaten se-Papua Selatan Diingatkan Tertib Administrasi Pengelolaan Dana Pilkada 2024

Hasil pemilihan keempat calon, H. Ali Syahbana memperoleh suara terbanyak dengan 37 suara, disusul Agus Irianto dengan 21 suara, kemudian H Abu Bakar Ahyar dengan 20 suara dan Misnurliana Rambe meraih 5 suara.

Kepada awak media, Ketua Terpilih PHBI Papua Selatan, H. Ali Syahbana mengatakan, terbentuknya kepengurusan PHBI Papua Selatan menjadi wadah yang dapat meningkatkan dan menghidupkan syiar Islam dan program kerja yang menyentuh masyarakat.

“Kami akan melengkapi struktur kepengurusan PHBI selanjutnya berkoordinasi dengan Pemprov  Papua Selatan untuk dapat mengeluarkan SK Kepengurusan PHBI tiga tahun kedepan. Selanjutnya ada agenda paling dekat yakni Idul Adha dan malam takbiran, ini menjadi prioritas utama pekerjaan PHBI Papua Selatan,” kata H. Ali Syahbana usai musyawarah pemilihan.

Baca Juga : KPU Papua Selatan Minta Peran Media Massa Sukseskan Pilkada 2024

“Ada enam (6) agenda yang dilaksanakan oleh PHBI. Untuk itu kami lengkapi dulu pengurus, setelah itu rapat kerja. Agenda 3 tahun kedepan harus kita susun termasuk kegiatan Syiar Islam, seperti Tabliq Akbar. Sebagai mitra strategis Pemprov, kami akan bekerja sama. Semua PKM kita rangkul dalam Kepengurusan PHBI Provinsi Papua Selatan,” sambungnya.

Dia mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih kepada seluruh panitia yang telah bekerja demi terlaksananya Musyawarah Pemilihan Ketua Pengurus Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Provinsi Papua Selatan dan berharap melakukan koordinasi secara vertikal maupun horizontal.

“Di kesempatan ini, saya sebagai ketua terpilih menyampaikan terima kasih kepada semua yang meluangkan waktu, berkontribusi untuk terbentuknya PHBI Papua Selatan. Ini akan tercatat dalam sejarah bahwa di tempat ini, di hotel ini PHBI Papua Selatan terbentuk. Dan kita semua menjadi saksi di dunia dan di akhirat,” pungkasnya.

Baca Juga : KH.Mohammad Arifin Resmi Pimpin MP3I Papua Selatan

Sebagaimana diketahui, Peringatan Hari Besar Islam atau biasa dikenal dengan singkatan PHBI merupakan kegiatan yang biasa dilakukan umat Islam di seluruh dunia ini, begitu pun di Negara Indonesia. Hari tersebut merupakan hari besar yang ada di agama Islam.

Hari besar Islam yang berlaku dalam kalender Masehi di Indonesia adalah Maulid Nabi Muhammad SAW, Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW, Idul Fitri, Idul Adha, Tahun Baru Islam 1 Muharram. (*)

Penulis : Hendrik Resi
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 813-455-28646