0%
logo header
Senin, 29 Januari 2024 12:26

Terjatuh di Dermaga Yos Soedarso, Pria di Merauke Ditemukan Tak Bernyawa

Mulyadi Ma'ruf
Editor : Mulyadi Ma'ruf
Jenazah korban, Martinus dievakusi oleh Tim SAR Merauke. (Foto: Humas Kantor SAR Merauke)
Jenazah korban, Martinus dievakusi oleh Tim SAR Merauke. (Foto: Humas Kantor SAR Merauke)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MERAUKE — Seorang Pria bernama Martinus Amosa Waro (28) yang tenggelam berhasil ditemukan Tim SAR Gabungan Merauke dalam kondisi tak bernyawa sekitar pukul 06.30 WIT di Area Pelabuhan Yos Soedarso, Merauke, Papua Selatan, Minggu (28/1/2024).

Sehari sebelumnya, korban Martinus terjatuh di dermaga Yos Soedarso Merauke sekitar pukul 01.00 WIT, kemudian dilaporkan oleh seorang petugas Polisi di pelabuhan ke Kantor SAR Merauke pukul 19.20 WIT, Sabtu (27/1/2024).

Siaran Pers yang diterima media ini, Minggu pagi (28/1/2024) dari Kantor Pencarian dan Pertolongan/ SAR (Search And Rescue) Merauke menyatakan korban telah ditemukan pada posisi sekitar 111 meter ke arah tenggara dari lokasi awal ia terjatuh.

Baca Juga : Kejari Merauke Sidik Perkara Dugaan Tipikor Pembangunan Lanjutan Kantor Bupati Baru Boven Digoel

Kepala Kantor SAR Merauke melalui Kepala Seksi Operasi dan Siaga, Reza Afriyanto mengatakan korban Martinus ditemukan tim SAR gabungan dalam kondisi meninggal dunia.

Mayat korban, lanjutnya, kemudian dimasukkan ke kantong dan dievakuasi ke kamar jenazah RSUD Merauke untuk diserahkan ke pihak medis dan juga keluarga.

“Tidak bosan-bosannya kami mengimbau kepada seluruh masyarakat yang beraktivitas di atas air agar senantiasa memperhatikan keselamatan diri maupun lingkungan sekitar. Tetap mawas diri demi keselamatan kita semua,” kata Reza dalam siaran Persnya.

Baca Juga : Rumah Perjuangan Paslon Bupati Hendrik-Riduwan di Distrik Kurik Merauke Diresmikan

Diinformasikan, sebelumnya Humas Kantor Pencarian dan Pertolongan (Search And Rescue/SAR) Merauke, Darmawan merilis bahwa insiden kehilangan itu dilaporkan seorang personel Polisi yang bertugas di dermaga Yos Soedarso Merauke bernama Slamet ke petugas jaga Kantor Pencarian dan Pertolongan Merauke pukul 19.20 Wit tanggal 27 Januari 2024.

“Slamet melaporkan bahwa telah terjadi peristiwa seorang pemuda terjatuh dari atas dermaga Yos Soedarso Merauke pada dini hari tadi tepatnya pukul 01.00 Wit. Pelapor merinci identitas korban atas nama Martinus Amosa Waro, laki-laki berusia 28 tahun,” jelas Darmawan.

Ia menyebutkan pihak kepolisian pelabuhan juga baru dilaporkan oleh rekan korban sekitar pukul 19.05 Wit. Rekannya itu ternyata bersama dengan korban sejak kemarin malam sekaligus saksi mata saat peristiwa naas itu terjadi.

Baca Juga : Plat Kendaraan Bermotor di Papua Selatan Resmi Berganti dari PA ke PS

“Temannya tidak langsung melaporkan saat itu juga karena mencari sendiri dulu. Setelah seharian tak berhasil barulah temannya itu melapor ke kami. Kemudian kami langsung melapor ke Basarnas untuk  bantuan SAR,” jelas Darmawan mengutip percakapan Slamet via telepon dengan petugas jaga Kantor SAR Merauke.

Tim Basarnas Merauke, lanjutnya, beranggotakan 5 (lima) personil langsung bergerak menuju lokasi kejadian untuk melakukan pencarian mempergunakan perahu karet dengan menyisir di area sekitar lokasi jatuhnya korban Martinus.

“Informasi dari rekan korban, terakhir kali dia lihat korban sebelum jatuh. Korban Martinus mengenakan jaket berwarna putih dan bercelana panjang biru,” jelasnya.

Baca Juga : Sekda Papua Selatan Tegaskan Pejabat Pemprov Wajib Mundur Jika Maju Calon Kepala Daerah

Upaya pencarian, kata Darmawan, dilakukan oleh Tim SAR gabungan yakni Basarnas, Satpolairud, Polisi Pelabuhan, anggota Lantamal XI, Merauke Rescue Squad, juga keluarga korban dan masyarakat setempat.

“Dengan ditemukannya korban, maka operasi SAR yang juga melibatkan unsur TNI POLRI, organisasi pemuda serta masyarakat yang terlibat secara resmi ditutup,” tandasnya. (*)

Penulis : Hendrik Resi
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646