0%
logo header
Kamis, 04 Juli 2024 15:31

KPU Sulsel Lepas 260 Mahasiswa KKN Tematik Unhas jadi Agen Demokrasi Pilkada Serentak 2024

Mulyadi Ma'ruf
Editor : Mulyadi Ma'ruf
Ket : Suasana Pelepasan Mahasiswa KKN Tematik Unhas di depan Kantor KPU Sulsel.
Ket : Suasana Pelepasan Mahasiswa KKN Tematik Unhas di depan Kantor KPU Sulsel.

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan melepas 260 mahasiswa KKN Tematik dari Universitas Hasanuddin (Unhas) pada Kamis, 4 Juli 2024. Mahasiswa tersebut akan disebar ke 24 kabupaten/kota di Sulsel.

Komisioner KPU Sulsel, Hasruddin Husain, menjelaskan bahwa program ini merupakan hasil kerja sama antara KPU Sulsel dan Unhas dalam rangka pengembangan pendidikan dan penguatan demokrasi di tingkat daerah.

“Kami berharap program kerja sama KKN Tematik ini nantinya akan menghasilkan output positif. Mahasiswa diharapkan menjadi agen perubahan di setiap kabupaten dan kota, yang mampu mendistribusikan informasi terkait Pilkada Serentak, Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota,” ujar Hasruddin, yang juga menjabat sebagai Koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat KPU Sulsel.

Baca Juga : KPU Sulsel Tegaskan Visi Misi Calon Gubernur Wajib Berpedoman pada RPJPD

Hasruddin menambahkan bahwa para mahasiswa akan membantu KPU dalam sosialisasi Pilkada dan Pilgub kepada masyarakat. Mereka akan berperan sebagai mitra Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di tingkat kecamatan.

“Mahasiswa akan menjadi agen di 24 kabupaten/kota di Sulsel, dengan fokus pada pendidikan pemilih pemula dan isu strategis pemilihan tahun 2024, seperti netralitas TNI/Polri serta menangkal hoaks yang sering menyasar pemilih pemula,” tambahnya.

Sebagai informasi, KPU Sulsel sebelumnya telah mengadakan pembekalan KKN Tematik untuk 260 mahasiswa Unhas di Hotel Claro Makassar pada Rabu, 3 Juli 2024. Mahasiswa tersebut akan mulai ditempatkan di berbagai wilayah di Sulsel. (*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646