0%
logo header
Rabu, 15 Juni 2022 09:05

Posting Meme Candi Borobudur, Twitter Roy Suryo Tuai Hujatan

Asril Astian
Editor : Asril Astian
Tangkapan layar twitter KRMT Roy Suryo yang tuai hujatan. (Istimewa)
Tangkapan layar twitter KRMT Roy Suryo yang tuai hujatan. (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, JAKARTA — Roy Suryo menurunkan unggahan meme stupa Candi Borobudur yang menyerupai wajah Presiden Joko Widodo.

Unggahan ini ramai dikritik karena dinilai menghina agama Buddha dan Jokowi.

Roy menyebutkan, meme tersebut tidak dibuat oleh dirinya langsung melainkan oleh akun lain di Twitter. lewat akun Twitter-nya, @KRMTRoySuryo2, Roy hanya mengunggah ulang meme tersebut.

“Agar tdk ada yg memprovokasi lagi & dianggap ‘mengedit’ krn ketidakfahamannya, Maka postingan tsb saya drop, case close,” jelas Roy di Twitter dikutip Selasa 14 Juni 2022.

Roy turut mencantumkan akun yang pertama kali mengunggah meme tersebut. “Jelas2 adh ada 2 Akun ASLI Pengunggah sebelumnya,” cuit Roy dengan menyertakan URL link pengunggah.

Pegiat media sosial Yusuf Muhammad sebelumnya mengkritik unggahan Roy karena telah mencederai hati umat Buddha sebagai pemeluk agama yang memakai seluruh simbol di Borobudur untuk tempat ritual ibadah.

“Menghina penganut agama Buddha, dan sekaligus menghina kepala Negara Republik Indonesia,” ujar Yusuf dalam akun Twitternya,

Selain itu, Roy juga dianggap Yusuf telah melakukan pencemaran nama baik kepada kepala negara. Roy memposting stupa ornamen tubuh candi dengan wajah diduga mirip kepala negara.

Penulis : Wahyu Widodo
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646